Wednesday, October 24, 2018

Rangkuman BAB 3 PERADABAN EMAS DINASTI ABBASIYAH

Dinasti Bani Abbasiyah berkuasa lebih dari lima abad, kurang lebih 508 tahun sejak 132-656 H/750-1258 telah banyak memberikan sumbangan  besar bagi pengembangan peradaban dan kebudayaan Islam. 

Kegiatan  keilmuan  yang  kreatif, dinamis,  dan kritis serta keberadaan para ilmuwan dan ulama yang melahirkan karya-karya monumental ditambah dukungan penuh dari kebijakan-kebijakan khalifah menjadi kunci bagi keberhasilan pengembangan keilmuan sekaligus tercapainya peradaban dan kebudayaan yang gemilang.

Diantara kemajuan-kemajuan tersebut meliputi berbagai bidang, meliputi hampir seluruh aspek kehidupan  mulai dari kemajuan di bidang politik dan pemerintahan, kemajuan di bidang sosial budaya, kemajuan ekonomi dan pertanian, kemajuan pengetahun dan teknologi dan kemajuan ilmu-ilmu keagamaan.

Kemajuan-kemajuan tersebut  melahirkan berbagai bentuk-bentuk  wujud kebudayaan yang kemudian menjadi  bukti  pencapaian  kemajuan peradaban dan kebudayaan Islam. Kebesaran dan keindahan wujud  kebudayaan tersebut masih bisa dilihat dan dinikmati sepanjang sejarah bahkan sampai hari  ini.

Diantaranya  seni bangunan dan arsitektur, baik untuk bangunan  istana, masjid, maupun bangunan kota.  Istana Qashrul Dzahabi, Qashrul Khuldi, masjid agung Samara, masji Ibn Thulun dan  pembangunan kota Baghdad dan kota Samara. Keindahan kebudayaan lainnya  tercermin  pada bidang sastra, bahasa dan seni musik. Sastrawan dan budayawan terkenal Abu Nawas, Abu Athahiyah, Al Mutanabby, Abdullah bin Muqaffa dan lain-lain. Karya dan buah pikiran mereka masih dapat dibaca hingga kini, seperti  kitab Kalilah wa Dimna. Sementara  dalam bidang musik yang sampai kini karyanya juga masih dipakai adalah Yunus bin Sulaiman, Khalil bin Ahmad,  Al-Farabi dan lain-lain.

Selain  bidang-bidang tersebut diatas, kemajuan dalam  bidang pengembangan pengetahuan dan keilmuan   tercermin pada pendirian  lembaga-lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis kajian agama, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

Syukron atas kunjungan dan komentarnya :)

Kisi-kisi Ujian MID Semester Genap Kelas 9 TA. 2020-2021

Tradisi keislaman Nusantara adalah adat kebiasaan yang diwariskan secara turun-temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat Nusantara yang...