Wednesday, July 17, 2019

Khutbah Jum`at - Menggunakan Waktu

Assalaamu`alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Khutbah pertama
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ .اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ .
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِى الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ . أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ . بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ .
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ . أَمَّا بَعْدُ .
فَاِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ . وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صلعم . وَشَرَّ الْأُ مُوْرِ مُحْدَثَتُهَا . وَ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٍ . وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٍ . وَكُلَّ ضَلَالَةٍ فِى النَّارِ .
Ma`asyiral muslimin jama`ah shalat jum`at rahimakumullah
Bersyukur kita kepada Allah atas segala nikmatNya. Sholawat dan salam, semoga Allah senantiasa mencurahkannya kepada Nabi kita Muhammad saw. Juga kepada keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang senantiasa mengikutinya dengan istiqomah hingga yaumil akhir.

Jama`ah shalat jum`at yang dimuliakan Allah
Dalam kesempatan ini, kembali khatib mengingat diri dan jama`ah agar senantiasa meningkatkan iman dan takwa kepada Allah swt. dengan mentaati segala perintahNya dan meninggalkan segala laranganNya.

Jama`ah shalat jum`at yang dimuliakan Allah
Judul khutbah Jumat hari ini adalah “Menggunakan waktu”. Semoga dengan judul ini, memberikan pemahaman kepada kita tentang Menggunakan waktu untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari agar waktu yang diberikan oleh Allah tidak terbuang sia-sia.

Jama`ah shalat jum`at yang dimuliakan Allah
Allah swt. berfirman ;
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ . بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ .
Demi masa.Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. Q.S. Al-Ashr ayat 1-4

Jama`ah shalat jum`at yang dimuliakan Allah
Waktu atau masa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian, atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian.

Dari situlah kita tau bahwa waktu terdiri dari detik, menit, jam, hari, minggu, tahun dan abad. Dengan waktu manusia bisa menentukan dan membagi berbagai aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari.

Jama`ah shalat jum`at yang dimuliakan Allah
Dalam Islam, waktu sangatlah penting untuk diperhatikan dan digunakan bagi setiap manusia. Karena manusia diciptakan Allah di bumi ini bukan sekadar diciptakan begitu saja tanpa tujuan dan tanpa makna. Tetapi manusia diciptakan Allah itu 1 tujuan dan 1 fungsi. Yaitu tujuannya beribadah kepada Allah sebagaimana firmanNya :
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ ﴿الذاريات: ٥٦﴾   
Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (51: 56)

dan begitu juga fungsinya sebagai khalifah di muka bumi sebagaimana firman Allah :
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ ﴿البقرة: ٣٠﴾   
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". (2: 30)

Jama`ah shalat jum`at yang dimuliakan Allah
Kalau diperhatikan di sekitar kita bahwa kebanyakan orang kurang tidak mau dan peduli dengan waktu. Hari-harinya digunakan untuk kegiatan yang tidak penting. Seperti bermain, nongkrong di jalanan dan tidur-tiduran. Intinya bahwa kegiatannya hanyalah bermanfaat untuk dirinya sendiri tanpa peduli dengan di sekitarnya, terutama terhadap orang tua.

Jama`ah shalat jum`at yang dimuliakan Allah
Sebagai orang Islam dan sebagai anak bagi orang tua, semestinya kita memperhatikan dan memperdulikan tentang waktu. Lalu bagaimana cara menggunakan waktu ?

Jama`ah shalat jum`at yang dimuliakan Allah
1. Gunakanlah waktu untuk yang hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri juga orang lain dengan cara membagi-baginya. Bagilah antara waktu belajar, bermain dan bekerja serta menolong orang di sekitar kita.

2. Gunakanlah waktu untuk persiapan akhirat, yaitu beribadah kepada Allah melalui shalat lima waktu, berpuasa sunnah dan bersedekah.

Jama`ah shalat jum`at yang dimuliakan Allah
Demikianlah yang dapat khatib sampaikan. Oleh karena itu, marilah kita gunakan waktu dengan Sebaik-baiknya. Bermain boleh saja asal dibatasi waktunya. Sebab bila hanya bermain-main saja waktu yang diisi maka merugilah kita. Berapa banyak kita lihat orang-orang yang akhirnya menyesali dirinya disebabkan hanya bermain-main saja tanpa batas. Akhirnya tidak sedikit yang putus sekolah, stress, menjadi nakal dan gila akibat tidak pandai menggunakan dan membagi waktu-waktunya. Apalagi kelak di akhirat, tentu tempatnya sudah pasti di neraka karena tidak ada amal ibadah yang dibawa ketika dia hidup di dunia. Sadarlah wahai saudaraku sebelum terlambat nantinya.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.
فَاعْتَبِرُوْا يَااُلِى الْاَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ .
Khutbah kedua
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللهِ شَهِيْدًا . أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ .
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا . اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ ، وَ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدُ مَجِيْدٌ. اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ .اللَّهُمَّ اَرنَا الْحَقَّ حَقَّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَاَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلَا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ . رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا . رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ . رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ . وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ 

No comments:

Post a Comment

Syukron atas kunjungan dan komentarnya :)

Kisi-kisi Ujian MID Semester Genap Kelas 9 TA. 2020-2021

Tradisi keislaman Nusantara adalah adat kebiasaan yang diwariskan secara turun-temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat Nusantara yang...