Thursday, October 11, 2018

Imam Muslim

Nama lengkapnya Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz Al-Qusyairi An- Naisaburi, dilahirkan di Naisabur pada tahun 202 H/ 817 M. Naisabur, saat itu termasuk wilayah Rusia, yang dalam sejarah Islam dikenal dengan sebutan Maa Wara’a an Nahr, daerah-daerah yang terletak di belakang Sungai Jihun di Uzbekistan, Asia Tengah.

Naisabur pernah menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan kurang lebih 150 tahun pada masa Dinasti Samanid. Bahkan, kota Naisabur dikenal  juga saat itu sebagai salah satu kota ilmu,  tempat berkumpulnya ulama besar dan pusat peradaban di kawasan Asia Tengah.

Imam Muslim  sangat menyukai  ilmu Hadist. Kecerdasan dan ketajaman hafalannya sudah ditunjukkan sejak kecil. Pada  usia 10 tahun, sering datang berguru kepada Imam Ad Dakhili, seorang ahli hadits di kotanya. Setahun kemudian, Muslim mulai menghafal Hadist dan berani mengoreksi kekeliruan gurunya ketika salah dalam periwayatan Hadist. Kecintaannya kepada ilmu Hadist menjadikannya pngembara ke berbagai tempat dan untuk mendapatkan silsilah yang benar sebuah Hadist.

Imam Muslim banyak menulis  kitab-kitab Hadist,  diantaranya yang termashur adalah,

  1. al-Jami’ ash-Sahih atau dikenal sebagai Shahih Muslim, 
  2. al-Musnad al-Kabir , 
  3. al-Asmah Wal-kun,al-Ilal, 
  4. al-Qaran, 
  5. Sualat  Ahmad bin Hambal, 
  6. al-intifa’ bi Uhubis-Siba’, 
  7. Al-Muhadramain, 
  8. Man laisa lahu Illa Rawin Wahid, 
  9. kitab Auladish-shaba , dan 
  10. kitab Auham al-Muhaddisin. 


Selain itu, yang paling mashur adalah
ash-Sahih, yang judul lengkapanya adalah al-Musnad as-Shahih al- Mukhtashar  Min as-Sunan bin Naql al-Adl’an  Rasul Allah, berisi 3,033 Hadist.

Beliau wafat  pada hari Ahad sore, dimakamkan di Nasr Abad,  salah satu daerah di luar Nisabur,  pada hari Senin, 25 Rajab 261 H/5 Mei 875 M, dalam usia 55 tahun.

No comments:

Post a Comment

Syukron atas kunjungan dan komentarnya :)

Kisi-kisi Ujian MID Semester Genap Kelas 9 TA. 2020-2021

Tradisi keislaman Nusantara adalah adat kebiasaan yang diwariskan secara turun-temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat Nusantara yang...