Wednesday, August 29, 2018

Kumpulan Soal Mid Semester Ganjil SKI MTs Kelas VIII

Jawablah Soal-soal berikut ! (soal dan Jawaban)
1. Tuliskan bagaimana awal berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah !
Keruntuhan Dinasti Bani Umayyah pada tahun 750 M, menjadi tonggak awal berdirinya kekuasaan Dinasti Bani Abbasiyah.

2. Siapa khalifah pertama Dinasti Bani Abbasiyah ?
Khalifah pertama dari Dinasti ini adalah Abdullah As- Saffah bin Muhammad bin Ali Bin Abdulah bin Abbas bin Abdul Muthalib.

3. Mengapa disebut Dinasti Bani Abbasiyah ?
Dinamakan Dinasti Bani Abbasiyah karena para pendiri dan khalifah dinasti ini adalah keturunan Al-Abbas ibn Abdul Muthalib, paman Nabi Muhammad saw. Masa kekuasaan Dinasti Bani Abbasiyah berlangsung dalam rentang waktu yang panjang, dari tahun 132 H (750 M) s/d 656 H (1258).

4. Tuliskan 3 khalifah besar (terkenal) Dinasti Abbasiyah !
Dari 37 khalifah Dinasti Bani Abbasiyah, terdapat beberapa orang khalifah yang terkenal, di antaranya Abu Ja’far Al-Mansur, Harun Ar-Rasyid dan Al-Makmun.

5. Apa saja yang dilakukan oleh Al-Mansur selama menjabat sebagai khalifah ?
Al-Mansur merupakan khalifah  kedua,  merupakan khalifah yang menetapkan dasar-dasar pemerintahan Daulat Bani Abbas.Masa pemerintahan Abu Ja’far Al-Mansur merupakan masa awal perkembangan ilmu pengetahuan yang merupakan cikal bakal perkembangan kejayaan Abbasyiah  di  masa pemerintahan setelahnya. Kota  Baghdad yang dibangunya menjadi ibu kota Dinasti Abbasiyah dan selain  merupakan pusat perdagangan  juga kebudayaan dan ilmu pengtahuan.  Baghdad dianggap sebagai kota terpenting di dunia dan menjadi salah satu  pusat peradaban dunia.

6. Bagaimana peradaban Islam dimasa Khalifah Harun Ar-Rasyid dan Khalifah Al-Makmun ?
Pada masa Khalifah Harun Ar-Rasyid dan Khalifah Al-Makmun, peradaban Islam mencapai masa keemasan. Kebudayaan India dan Yunani juga telah memberi sumbangan yang berarti bagi perkembangan kebudayaan Islam. Kota-kota  Jundisapur, Harran, dan Iskandariyah  adalah pusat-pusat peradaban Yunani sebelum Islam.  Setelah Islam datang tradisi keilmuwan Yunani terjaga bahkan mengalami perkembangan yang semakin pesat. Beberapa sastrawan dan budayawan yang muncul pada masa itu adalah Ibnu Maskawaih dan Al-Kindi.

7. Bagaimana peradaban Islam di masa Al-Mansur, Harun Ar-Rasid dan Al-Makmun ?
Al-Mansur, Harun Ar-Rasid dan Al-Makmun merupakan masa-masa keemasan peradaban Islam. Para khalifah agung tersebut dikenal sebagai penguasa adil dan bijaksana serta memiliki perhatian dan kecintaan yang  kuat  terhadap ilmu pengetahuan. Dukungan dan kegigihan mereka dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan perdaban Islam tercermin dalam berbagai kebijakan pemerintahannya.

8. Apa yang dapat diambil pelajaran (hikmah) dari prestasi ketiga khalifah tersebut ?
1. Berlaku adillah terhadap semua orang. Jangan bertindak zalim kepada siapapun
2. Bijaksanalah dalam mengambil keputusan untuk kebaikan diri dan orang lain.
3. Mencintai ilmu pengetahuan dengan rajin belajar dan meraih prestasi
4. Berakhlak mulia dimana dan kapan saja
5. Rajin beribadah

No comments:

Post a Comment

Syukron atas kunjungan dan komentarnya :)

Kisi-kisi Ujian MID Semester Genap Kelas 9 TA. 2020-2021

Tradisi keislaman Nusantara adalah adat kebiasaan yang diwariskan secara turun-temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat Nusantara yang...