Friday, October 12, 2018

Imam Ibnu Katsir

Nama lengkapnya, Imaduddin Isma’il bin, Umar bin Katsir Al-Qurasyi Al-Bushrawi, dilahirkan di Mijdal, sebuah tempat di kota Bashrah pada tahun 701 H/1302 M). Ayahnya, seorang khatib dan  meninggal ketika Ibnu Katsir baru berusia empat tahun. Selanjuntnya, diasuh dan dididik oleh kakaknya, Syaikh Abdul Wahhab.  Pada  usia lima tahun diajak  pindah ke Damsyik, negeri Syam pada tahun 706 H.

Ulama-ulama yang pernah menjadi gurunya adalah:
1. Syaikh Burhanuddin Ibrahim bin Abdirrahman Al-Fazari yang terkenal dengan nama Ibnul Farkah (wafat 729 H).
2. Di Damsyik Syria, beliau belajar dengan Isa bin Al-Muth’im,
3. Ahmad bin Abi Thalib, terkenal dengan nama Ibnu Syahnah (walat 730H),
4. Ibnul Hajjar yang (wafat 730 H),
5. Baha-uddin al-Qasim bin Muzhaffar Ibnu Asakir, ahli hadis negeri Syam yang wafat pada tahun 723 H,
6. Ibnu Asy-Syirazi,
7. Ishaq bin Yahya Al-Amidi Afifuddin ulama Zhahiriyah (wafat 725 H),
8. Muhammad lbnu Zarrad, menyertai Syaikh Jamaluddin Yusuf bin Az-Zaki Al’Mizzi (wafat 742H), beliau mendapat banyak faedah dan menimba ilmu darinya dan akhirnya beliau menikahi puterinya.
9.   Syaikhul Islam Taqiyyuddin Ahmad bin Abdil Halim bin Abdis Salam bin Taimiyyah (wafat 728 H),
10. Syaikh al-Hafizh, seorang ahli tarikh (sejarah), Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin ‘Utsman bin Qayimaz Adz-Dzahabi (wafat pada tahun 748 H).
11. Ulama Mesir yang memberi beliau ijazah adalah Abu Musa al-Qarafi,
12. Abul Fath Ad-Dabbusi
13. Ali bin Umar As-Sawani dan lain-lain.

Beberapa pandangan para ulama tentang Ibnu Katsir, diantaranya Al-Hafizh Adz-Dzahabi dalam Al-Mu’jam al-Mukhtashsh mengatakan:
“Ia adalah seorang imam lagi pemberi fatwa, ahli hadis yang pakar, ahli fiqih yang berwawasan luas, ahli tafsir dan memiliki banyak tulisan yang bermanfaat.”
Al-Hafizh Ibnu Hajar al-’Asqalani dalam ad-Duraral-Kaaminah mengatakan:
“Ia  selalu menyibukkan diri dengan Hadits, menelaah matan dan  rijal hadis. Beliau adalah orang yang memiliki hafalan yang banyak, kecerdasannya bagus, memiliki banyak karya tulis semasa hidupnya dan telah memberikan manfaat yang sangat banyak kepada orang-orang selepas meninggal.”

Murid-murid yang belajar kepadanya sangatlah banyak, diantaranya  Ibnu Haji.
Beberapa karyanya yang terkenal adalah:
1. Tafsir al-Qur-an,  kitab tafsir dengan riwayat, telah diterbitkan berulang kali dan telah diringkas oleh banyak ulama.
2. Al-Bidaayah wan Nihayah, terdiri dari 14 jilid, berisi kisah-kisah para Nabi dan umat-umat terdahulu, sirah Nabawiyah, sejarah Islam. 
3. At-Takmiil fi Ma’rifatis Siqat wa Dhu’afa wal Majaahil. Di dalamnya terangkum dua kitab dari tulisan guru beliau, yaitu al-Mi zzi dan adz-Dzahabi(Tahdzibul Kamal fi Asma Rijal) dan (Liizan I’tidal fii Naqdir Rijal) dengan disertai beberapa tambahan yang bermanfaat dalam masalah al-jarh wat ta’dil.
4. Jami’ al-Masanid, berisi Musnad  Imam  bin Hanbal, A|-Bazzar, Abu Ya’la Al-Mushili, Ibnu Abi Syaibah, beserta Kutubus Sittah. Disusun berdasarkan bab-bab fiqih
5. Thabaqaat asy-Syafi’iyyah, berisi  biografi Imam Asy-Syafi’i.
6. Sirah Nabawiah, berisi sejarah Nabi Muhammad saw. Dan lain-lain.

Menurut Al-Hafizh Ibnu Hajar al-’Asqalani, Ibnu Katsir hilang penglihatan di akhir hayatnya dan wafat di Damaskus, Syam pada tahun 77 4 H/ 1373 M.

No comments:

Post a Comment

Syukron atas kunjungan dan komentarnya :)

Kisi-kisi Ujian MID Semester Genap Kelas 9 TA. 2020-2021

Tradisi keislaman Nusantara adalah adat kebiasaan yang diwariskan secara turun-temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat Nusantara yang...