Wednesday, July 17, 2019

Kultum - Perbedaan antara laki-laki dengan perempuan

Assalaamu`alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Alhamdulillaahi rabbil `aalamiin. Wassolaatu wassalaamu `alaa asyrofil ambiyaa i wal mursaliin. Wa`alaa aalihii wasohbihii ajma`iin. Ammaa ba`du.

Ma`aasyiral muslimin rahimakumullah
Bersyukur kita kepada Allah atas segala ni`matNya. Alhamdu...lillaah..
Sholawat dan salam semoga Allah senantiasa mencurahkannya kepada Nabi Muhammad saw.

Hadirin yang dimuliakan Allah,
Dalam kesempatan ini, izinkanlah saya menyampaikan kultum (kuliah tujuh menit) yang berjudul "Perbedaan antara laki-laki dengan perempuan".

Allah berfirman :
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ ﴿الحجرات: ١٣﴾   
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (49: 13)

Hadirin yang dimuliakan Allah,
Seperti yang kita telah ketahui bahwa di muka bumi ini bahwa manusia itu ada dua jenis kelamin, yaitu laki-laki dan perempuan. Keduanya secara umum dapat dibedakan dari segi fisik dan suara. Yang laki-laki umumnya bekerja untuk menghidupkan keluarganya dan yang perempuan umumnya sebagai ibu rumah tangga yang mengurusi keluarganya di rumah. Dan keunikan perempuan khususnya bahwa mereka dapat melahirkan anak yang tentu tidak dapat dilakukan oleh laki-laki.

Hadirin yang dimuliakan Allah,
Berdasarkan ayat yang saya baca tadi bahwa Allah ciptakan manusia berbeda-beda yang tujuannya untuk saling mengenal. Dan saling mengenal itu maksudnya adalah saling menghormati, saling menghargai dan saling berkasih sayang. Baik sebagai saudara, bertetangga, maupun berumah tangga. Dan di hadapan Allah yang dilihat adalah takwanya. Apa maksudnya ?

Hadirin yang dimuliakan Allah,
Yang dimaksud takwa dalam saling mengenal antara laki-laki dan perempuan adalah hendaknya dalam bergaul harus memperhatikan dan menjaga hak-hak dan kewajiban masing-masing sehingga terciptalah kerukunan, ketentraman, dan kedamaian. Bukan pertikaian dan pemusuhan.

Hadirin yang dimuliakan Allah,
Dengan demikian, marilah kita memahami perbedaan yang Allah ciptakan untuk kita. Hendaknya janganlah mentang-mentang kita laki-laki lalu merendahkan dan mencaci perempuan. Apalagi ibu kita perempuan yang sepatutnya kita muliakan.

Dan begitupula bagi yang perempuan, jagalah aurat kita dan jaga batas-batas kita dalam bergaul dan berkata agar terhindar fitnah dan zina.

Hadirin yang dimuliakan Allah,
Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Allah beri nikmat atas mereka, yaitu para nabi dan rasul serta orang-orang shaleh. Amin

Akhir kata. Nuun Wal qolaami wamaa yasthuruun. fastabiqul khayrat
wassalaamu`alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

No comments:

Post a Comment

Syukron atas kunjungan dan komentarnya :)

Kisi-kisi Ujian MID Semester Genap Kelas 9 TA. 2020-2021

Tradisi keislaman Nusantara adalah adat kebiasaan yang diwariskan secara turun-temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat Nusantara yang...